Perlu Anda Ketahui! Penyebab Motor Sering Mogok Tukang Kunci Lampung 0822 1001 9556 Memberikan Saran Untuk Anda, Agar Motor Selalu Aman Dari Kerusakan Atau Keseringan Mogok

Perlu Anda Ketahui Penyebab Motor Sering Mogok Tukang Kunci Lampung Memberikan Saran Untuk Anda, Agar Motor Selalu Aman Dari Kerusakan 0822 1001 9556

 motor mogok di lampung


Berikut adalah 6 penyebab motor sering mogok mendadak dan cara mengatasinya yang perlu anda ketahui apabila motor anda mogok di jalan.

1. Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah


Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati. Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk kategori oktan rendah.

2. Filter Udara Yang Kotor

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna. Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama.

3. Setelan Klep Tidak Tepat

Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang. “Kerenggangan klep ini sangat penting, maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah di standarkan sesuai spesifikasi mesin.

4. Mesin Terlalu Panas atau Overheat

Penyebab overheat pada motor adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antra piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet padaliner boring.

5. Komponen Pengapian Mati

Salah satu penyebab sepeda motor mendadak mati adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Di ruang pembakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jika api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.

6. Tutup Tangki Tersumbat

Pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilator  atau pernafasan. Apabila lubang kecil tersebut tersumbat akan berakibat hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir.

Penutup

6 Hal diatas adalah hal paling umum yang menyebabkan motor anda sering mogok di jalan. Ingat bahwa artikel ini tidak berlaku apabila motor anda mati total dalam arti tidak bisa distarter lagi.

Dari penyebab diatas, apabila motor anda yang mogok masih tidak dapat diperbaiki, sebaiknya bawa motor anda ke bengkel resmi terdekat agar dapat dicek secara langsung oleh mekanik. Semoga membantu.